Senin, 23 November 2020

Iphone Ori vs Refurbished

Seluruh produk Apple merupakan produk yang dirancang elegan, berkelas, serta mutahir. Diawali dari kemasan, earpod, kabel lightning/ usb, charger, produk, sampai aksesoris semacam stiker logo Apple serta manual book, seluruh didesain ekslusif. Tujuannya satu, sebab produk ini memanglah diperuntukan buat mereka yang menginginkan produk bermutu serta lumayan mapan secara ekonomi buat membelinya.

Harga Iphone formal terkini dikala ini( 3 Agustus 2017), iphone 7 plus 256 gb, telah menyaingi harga suatu sepeda motor. Sebaliknya harga iphone 7 32 gb alias tipe termurahnya, terletak di angka sebelas jutaan, itu juga telah tercantum harga promo.

Tetapi, bukan hanya iphonenya saja yang lumayan mahal, aksesorisnya juga cukup. Bagaikan contoh, harga headset wireless/ Airpods buat iphone 7 terletak di kisaran nyaris 3 juta rupiah( 3 Agustus 2017) ataupun lebih tepatnya 2, 999 juta rupiah. Dengan kata lain headset terkini tanpa kabel buat iphone 7 biayanya sama dengan suatu iphone 5s dikala ini.

Ada pula headset/ Earpods standar( dengan kabel) dijual dengan harga tidak kurang dari separuh juta rupiah, tepatnya 599 ribu rupiah.

Gimana dengan kabel lightning/ kabel usb- nya? Silahkan ditebus dengan harga 389 ribu rupiah serta itu belum tercantum adaptor. Adaptor/ kepala charger- nya saja 369 ribu rupiah.

Gimana dengan baterai? Penggantian baterai hendak memakan bayaran mulai dari 900 ribu rupiah. Yap, pangsa pasar produk Apple memanglah diperuntukan buat kelas menengah ke atas.

Apple pula senantiasa melindungi ekslusifitas barangnya. Kala fitur terkini keluar hingga produk lama mereka, umumnya sampai 2 generasi tadinya, hendak dihentikan penjualannya.

Per 3 Agustus 2017 ini, iphone formal yang masih tersebar di Indonesia Cuma iphone 5S 16 gb( ruang grey serta white), iphone 6 32 gb gold, seri iphone 6s serta 6s plus( 32gb serta 128 gb), serta seri iphone 7 serta 7 plus( 32gb, 128gb, serta 256gb).

Tetapi, cobalah main ke pusat perdagangan semacam ITC ataupun forum jual beli online, lo hendak gampang menjumpai phone lawas/ jadul semacam iphone 5, iphone 5c, serta iphone 5s 32/ 64gb yg diklaim‘ baru’, pasti dengan garansi distributor tidak formal.

Kemudian apa itu iphone rekondisi? Iphone rekondisi merupakan benda rusak sisa gunakan yang dimasukkan ke Indonesia, diperbaiki oleh pihak tidak bertanggungjawab dengan komponen seadanya, setelah itu dikemas semacam baru kemudian dijual.

Suatu sumber yang tidak ingin diterbitkan pula berkata kalau iphone rekondisi merupakan iphone yang sudah habis masa kontrak provider di luar negara setelah itu dimasukkan ke dalam negara buat direkondisi.

Yap, iphone dari luar negara yang sudah habis masa kontraknya hendak‘ dibongkar’. Diganti dari SU( Aplikasi Unlocked) jadi FU( Factory Unlocked) supaya sesuai dengan kartu simcard manapun.

Bagiannya semacam LCD, baterai serta pernak- pernik yg asli hendak diganti dengan benda abal- abal/ KW. Berikutnya, iphone tersebut dikemas ulang buat dijual seperti benda baru.

Ada pula bagiannya semacam LCD, Baterai, serta pernak- pernik aslinya hendak dijual terpisah sebab biayanya dapat 2 sampai 3 kali lebih mahal dibandingkan sparepart abal- abal. Itu sebabnya mutu iphone rekondisi penuh ciri tanya.

Bisa jadi terdapat yang bertanya seberapa mengerikan membeli iphone rekondisi? Yang jelas ruginya 2 kali, awal, lo menghasilkan duit yang tidak sedikit buat membeli suatu‘ benda sisa gunakan dengan keadaan rekondisi’. Kedua, lo hendak menemukan suatu iphone yang kondisinya serba tidak jelas dengan pernak- pernik yang nyatanya abal- abal seluruh.

Seluruhnya hendak tambah mengerikan sebab dengan keadaan adaptor/ kepala charger, kabel usb, LCD, serta baterai yang tidak jelas hingga mungkin usia iphone lo hendak relatif sangat pendek.

Suatu iphone wajarnya dapat digunakan bertahun- tahun. Apalagi terdapat temen gue yang gunakan iphone 4S serta sampai 2016 masih awet. Iphone rekondisi? Dapat 6 bulan tanpa keluhan aja telah ajaib banget tuh hehehe

Silahkan search google, hingga lo hendak menciptakan ratusan pengalaman getir mereka yang tertipu dalam membeli iphone rekondisi. Dari yang mulai boros baterai, layar kebiru- biruan, kamera buram, kerap hang, charger meledak, tombol home keras, touch screen lemot, finger print rusak, sampai mati total cuma dalam hitungan satu sampai 3 bulan. Apalagi terdapat lho yang bolak- balik ke‘ service center tidak formal alias abal- abal’ sebab iphonenya cuma bertahan sepanjang 2 minggu walaupun masing- masing klaim senantiasa ditukar‘ baru’.

Kemudian, gimana membedakan iphone asli, replika, ataupun rekondisi? Perlu waktu serta ketelitian ekstra, tetapi bukan berarti susah.

Awal, iphone merupakan smartphone yang didesain secara menyatu( unibody) serta seluruh kondisinya solid alias tidak bisa dibongkar pasang. Casing depan/ balik iphone serta baterainya tidak bisa dilepas seperti hp android biasanya.

Iphone pula tidak mempunyai slot memory external serta cuma mempunyai satu sim card berdimensi nano( mulai dari generasi iphone 5 sampai detik ini).

Apabila lo menciptakan iphone yang mempunyai dual sim card ataupun terdapat slot memory eksternalnya hingga bisa ditentukan kalau itu merupakan iphone palsu/ replika. Iphone replika merupakan hp android yang terbuat sedemikian rupa supaya sangat mirip iphone. Sebagian apalagi sangat mirip aslinya, umumnya diketahui dengan nama iphone HDC( high definition copy).

2, cek serta samakan serial number serta IMEI. Pada iphone generasi 3G, 3GS, 4 serta 4s, IMEI dapat dilihat di tempat simcard. Sebaliknya, pada iphone seri 5, 5c, 5s, SE, 6, serta 6 plus, IMEI tertera di body bagian balik iphone. Kemudian, buat iphone 6s, 6s plus, 7, serta 7 plus dapat dicek kembali di tempat simcard.

Cek serta samakan pula penjelasan di dus serta penjelasan di hp pada menu setting- general- about. Kalo beda, please jangan dibeli, itu tandanya iphonenya rekondisi!

Lo pula dapat cek serta samakan apakah serial number serta IMEI iphone tersebut terdaftar formal di Apple pusat dengan metode membuka web http:// www. imeipro. kabar nanti hendak timbul foto iphone lo, misal apabila iphone yang lo beli merupakan iphone 6 hingga hendak timbul foto iphone 6.

Lo juga bisa cek imei iPhone tercantum garansi serta layanan teknikal support dari pihak Apple pusat di checkcoverage. apple. com/ id/ Apabila iphone itu baru hingga hendak timbul penjelasan kalau iphone tersebut belum sempat diaktivasi. Garansi iphone berlaku satu tahun kala iphone diaktifkan.

Apabila‘ iphone baru’ yang lo beli merupakan iphone 5s tetapi penjelasan yang tertulis merupakan iphone 5, jangan dibeli, its fake! Alias iphone 5 yang direkondisi sedemikian rupa supaya jadi iphone 5s.

Pula apabila dalam penjelasan terdapat tulisan expired, hingga iphone itu merupakan iphone sisa gunakan serta rekondisi.

Sebagian permasalahan apalagi terdapat yang jeroannya tidak cocok informasi. Contoh:

lo beli‘ iphone 5s 32gb’ tetapi kala di cek ke web formal tertulis‘ iphone 5s 64gb’. Maksudnya sebelumnya itu merupakan iphone 5s 64gb yg bisa jadi rusak memory/ hard disknya kemudian direkondisi jadi iphone 5s 32gb.

Cek pula model iphonenya pada menu setting- general- about. Iphone formal Indonesia mempunyai kode model PA/ A ataupun SA/ A. Di luar kode ini, hingga ditentukan iphone lo bukan benda formal Indonesia.

3, unboxing dus. Kala lo membuka dus iphone hingga lekas cek peralatan standarnya ialah: headset/ earpods yang tergulung serta terbungkus apik dalam kotak putih dengan logo Apple serta tutup mika bening, adaptor/ charger pipih berkaki 2 bundar dengan logo Apple kecil bercorak abu- abu, serta kabel usb yang tergulung apik.

Cek pula kelengkapan yang lain semacam SIM ejector- nya serta cek apakah terdapat 2 buah‘ stiker logo apple’ di dalamnya. Benda rekondisi umumnya tidak dilengkapi‘ stiker logo apple’. Cek pula peletakan kartu garansinya. Kartu garansi formal bercorak putih diletakkan melekat di luar segel plastik dus, sebaliknya garansi distributor abal- abal umumnya ditaruh di dalam dus.

Gimana iphonenya? Iphone pada keadaan baru merupakan iphone yang dilapis stiker susunan bening pada sisi depan serta belakangnya. Ingat, cuma dilapis bukan dibungkus semacam hp yang dimasukan ke dalam kantong plastik! Iphone pula TIDAK berikan screen protector/ tempered glass pada paket formal penjualannya. Apabila kita menginginkan screen

protector hingga kita wajib membelinya sendiri secara terpisah alias tidak tercantum dalam dusnya/ paket formal penjualannya.

Apabila kala membuka dus iphone serta lo menciptakan kalau iphone itu dimasukkan ke dalam kantong plastik ataupun menemukan screen protector yang belum terpasang tersimpan dalam dusnya ataupun apalagi telah terpasang screen protector pada iphonenya hingga ditentukan itu merupakan rekondisi.

Perhatikan pula bagian bawahnya( bagian baut dekat speaker), iphone yang asli TIDAK memerlukan‘ stiker segel garansi’ yang ditempel menutupi bautnya.

‘ Stiker segel garansi’ dari distributor abal- abal umumnya bercorak putih berupa kotak ataupun bundar serta berdimensi lumayan kecil tetapi terdapat pula yang memakai stiker plastik

hologram.‘ Stiker segel garansi’ dari distributor abal- abal bertuliskan‘ warranty void if seal is broken‘ ataupun foto logo distributor abal- abal.

Adaptor/ charger, earpod, serta kabel usb yang asli serta formal pula tidak terdapat stiker segel garansinya. Sekali lagi, cuma iPhone rekondisi yg terdapat‘ stiker segel garansinya’. Why? Sebab stiker segel garansi yg‘ didesain memanglah gampang robek’ itu merupakan teknologi jaman purba. Apple tidak perlu stiker segel sebab garansi resminya telah dipastikan serta ditulis di web resminya.

4, iphone mempunyai LCI, liquid contact indicator, yang dapat menarangkan apakah iphone itu telah sempat terserang cairan. Buat iphone seri 5/ 5s/ 5c hingga indicator LCI terdapat di dalam slot tempat memasukkan tray sim card.

Buka serta lepas tray sim card dari tempatnya serta silahkan intip apakah terdapat ciri bulatan merah di dalamnya( bagian langit- langit). Apabila terdapat ciri bulatan merah, jangan dibeli sebab telah tentu iphone itu sempat terserang cairan serta tidak hendak di cover garansi Apple formal apabila rusak, serta nyatanya itu merupakan iphone rekondisi. Why? Sebab toko formal Apple tentu tidak hendak menjual benda yang sempat tersiram/ terserang air.

5, yakinkan kalau iphone yang lo beli merupakan iphone FU( Factory Unlocked), maksudnya iphone lo dapat memakai sim card provider manapun. Metode mengetesnya merupakan masukan sim card Indonesia apapun, apabila dia langsung ditemukan, hingga itu merupakan iphone FU.

6, hendak lebih baik kala lo membeli iphone serta bawa laptop yang telah terinstal itunes. Lo tinggal colok iphone serta apabila bener iphone bukan replika, hingga otomatis hendak ditemukan di situ. Butuh dicatat, iphone original cuma mempunyai‘ Appstore’ serta bukan‘ playstore’.

7, cek seluruh keadaan iphone dengan seksama. Cek finger print, kamera depan- belakang, wifi, bluetooth, kejernihan suara, keadaan layar, earpods, charger, home button serta make sure tombol- tombol ataupun partnya tidak terdapat yang kendur.

Cek pula fitur virtual assistant- nya alias Siri sebab iphone replika alias iphone jadi- jadian tidak mempunyai fitur Siri. Triknya mudah kok, lumayan tekan tombol home sedikit lebih lama serta Siri hendak lekas muncul.

Coba tekan- tekan ke 4 ujung layarnya serta yakinkan rapat/ tidak bergerak. Sebagian layar iphone rekondisi tidak menutup dengan sempurna sehingga membuat tampilannya sedikit menonjol di salah satu sisinya. Ini diakibatkan oleh sebagian perihal, ialah: pemasangan yang asal- asalan kala direkondisi ataupun baterai yang mulai menggembung serta menekan LCD ke atas yang menunjukkan kalau baterainya butuh ditukar.

Oiya, iphone cuma mempunyai satu bagian speaker di dasar kanan. Di bagian dasar memanglah nampak 2, tetapi sesungguhnya yang satu merupakan microphone.

Cek pula ketahanan baterainya. Iphone rekondisi umumnya mempunyai permasalahan dibaterai yang boros. Triknya mudah, dikala awal kali menyala, tanpa di charge, coba gunakan buat gambar kilat berulang kali( burst fashion). Apabila baterai langsung drop/ turun ekstrem persentase baterainya ataupun apalagi langsung mati ya itu maksudnya iphone lo rekondisi.

8, cek corak body iphonenya!

Iphone 5 formal cuma mempunyai 2 corak, ialah black/ slate serta white/ silver.

Iphone 5s formal mempunyai 3 corak formal, ialah: ruang grey, white/ silver, serta gold.

Iphone 5c formal mempunyai 5 corak, ialah: pink, blue( biru muda), green( hijau muda), yellow, serta white.

Iphone 6 serta 6 plus formal mempunyai 3 corak, ialah: ruang grey, silver, gold.

Iphone 6s serta 6s plus formal mempunyai corak: ruang grey, silver, gold, serta rose gold.

Iphone 7 serta 7 plus formal mempunyai corak ruang grey, silver, gold, rose gold, matte black, serta jet black.

Oiya, iphone 7/ 7 plus pula terdapat edisi spesial bercorak merah ataupun diketahui iphone 7/ 7 plus RED Edition.

Maksudnya bila kamu menciptakan iphone 5 bercorak gold itu berarti rekondisi sebab tidak terdapat iphone 5 yang secara formal bercorak gold. Tercantum apabila kamu membeli iphone 5s bercorak rose gold( perpaduan pink serta emas) itu pula rekondisi. Why? Sebab corak rose gold secara formal cuma digunakan pada varian iphone SE, iphone 6S, serta 6S plus.

9, amati keadaan dikala dini menyala/ startnya. Iphone yang bagian depannya bercorak gelap, dikala awal kali dinyalakan/ di restart, hendak menyala dengan layar latar belakang gelap serta logo Apple putih. Kebalikannya, iphone yang bagian depannya putih hendak menyala dengan layar latar belakang putih serta logo Apple gelap. Apabila keadaan ini terbalik, telah tentu benda yang lo beli rekondisi.

10, gue individu sangat menganjurkan lo membeli iphone baru dari toko formal semacam: ibox, erafone, story- i, ataupun emax sebab terjamin keasliannya. Tetapi, gue pula siuman kalau toko formal itu cuma ada di kota- kota tertentu. Hingga, anjuran gue apabila kamu susah buat memperoleh iphone baru serta formal merupakan lebih baik membeli“ iphone sisa bergaransi formal” dibandingkan“ iphone baru tetapi rekondisi”. Why? Sebab kebanyakan pengguna iphone yang kerap bermasalah umumnya berasal dari distributor tidak formal.

Pembaharuan 30 Juni 2019– Gue pula menyertakan video metode membedakan iphone asli ataupun rekondisi dengan contoh iphone 8 plus. Link terdapat di youtube gue serta dapat kamu klik di mari, so, please check and re- check kala mau membeli iphone baru tetapi bukan dari toko formal.

Sekian panduan buat membedakan iphone asli vs rekondisi dari gue. Tolong like and share apabila kamu rasa postingan ini berguna.

Satu share kamu di media sosial bisa jadi dapat menyelamatkan ribuan orang dari jebakan iphone rekondisi. 

Referensi:

  1. https://andreajuliand.wordpress.com/2016/04/24/iphone-asli-vs-rekondisi/
  2. https://pindahlubang.com/2365-cara-cek-imei-iphone/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mesin ini Bisa Tukar Botol Plastik Aqua dengan Gopay-ShopeePay

Mungkin kalian pernah liat video-video mengenai alat tukar botol plastik menjadi poin atau uang yang bisa digunakan untuk membeli sesuatu di...